... Prabumulih Milik Kita: Asal mula Nama kota Prabumulih #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Rabu, 18 April 2012

Asal mula Nama kota Prabumulih


Di Sumatera Selatan provinsi kita bisa melihat sebuah kota yang kaya sebagai pusat pertambangan di Indonesia bagian barat. Tidak hanya penambangan kota ini menghasilkan beberapa barang seperti karet, nanas, dan kelapa sawit. Itulah Kota Prabumulih. Meskipun Kota Prabumulih adalah kota yang terkenal tetapi keturunan dari namanya masih misterius.

Di tengah selatan Provinsi Sumatera ada rill yang dinamakan dengan Kelekar. Kelekar adalah aliran air Sungai Musi. Di sungai bank terkandung sebuah desa kecil. Hal ini dinamai Lubuk berenai. Lubuk berenai telah dibangun oleh Puyang tegeri juriat puyang menghanguskan patih Keban Baru dan Pendiri talang Tulang babat dalam tujuh ratusan tahun yang lalu. Lubuk berenai telah dipimpin oleh Krio Budin Sususkan dan Puyang dayan duriat puyang tegeri sebagai Kepala Menyan di Lebih dari Dua ratusan tahun empat puluh lalu. Sebagai kepala desa bahwa ia memiliki empat ksatria. Mereka Mingun, Dayan Risek dan Jamik
Dalam sehari Krio Budin Sususkan telah memanggil empat ksatria. Dia mengatakan "empat saya ksatria berani. Aku memerintahkanmu untuk usaha di barat Lubuk berenai ". Setelah mendengar arah itu Dayan diminta untuk kepala mereka "mengapa kau memerintahkan kita untuk pergi ke sana?" Dan Mingun kata "tapi tempat yang tempat yang berbahaya karena ada binatang liar masih banyak di sana". Setelah itu Krio Budin Sususkan berkata "Saya akan membuat sebuah negara dan negara yang akan menjadi kota yang makmur". Kemudian Puyang dayan duriat puyang tegeri sebagai Kepala Menyan terganggu pernyataan Krio Budin Sususkan itu "Bagaimana Anda bisa mengubah lahan subur menjadi lahan produktif". Krio Budin Sususkan menjawab "oleh Tuhan memberkati kita bisa membuatnya". Akhirnya empat ksatria telah dilakukan ke arah ini untuk usaha di tanah yang misterius.
 Kemudian mereka telah tiba ke tempat bertanya. Tempat yang berisi binatang liar dan cara yang misterius. Tempat ini disebut dengan Bulu Mike. Bulu Mike gundukan atau lahan tumbuh. Di sana mereka semua telah melakukan Sedekah rimbe atau hadiah untuk keturunan dewa. Mereka telah menggali sisi mike Bulu, dan kemudian mereka telah memasukkannya ke dalam kulak kayu. Setelah itu gundukan itu telah restraghtened. Kemudian Dayan telah berdoa kepada Tuhan untuk memberkati tanah ini. Setelah melakukan sedekah rimbe, para kulak kayu telah ditanam. Untuk beberapa hari tanah terkubur kulak kayu telah berkembang secara misterius. Melihat cara ini empat ksatria berteriak "Mehabung Ule Kite tanahnye" (Itu tanah tumbuh palmly, kita mendapatkan kemakmuran negeri ini!!).
Jadi empat kesatria telah membangun empat desa baru. Desa-desa telah mengambil sekitar dikuburkan kayu tumbuh kulak tanah. Ini adalah Kebur Bunggin, Anggun Dilaman, Kumpai Ulu dan Karang Lintang. Hal ini disebut dengan "Pehabung Ule atau Prabumulih" maka itu menjadi sebuah kota yang kaya sebagai pusat pertambangan di Indonesia bagian barat.

3 komentar:

  1. Menarik ya sejarahnya :)
    Sayang, q di prabu cuma sebentar,,
    Padahal di sana asik, ,

    BalasHapus
  2. Untuk temen" di prabu yang gag tau kapan kita bisa bertemu lagi kaya dulu,,
    Nie No.Hp: +6282221367386
    Moga kita bisa ketemu lg ya. .
    Buat anak nias, anak gunung ibul, anak tugu, dan buat temen" pesantren di prabu,
    Aku kangen ma kalian, ,

    BalasHapus
  3. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/ini-4-zodiak-yang-dikenal-paling-tidak.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/menolak-disembelih-seekor-sapi-malah.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/jangan-dibuang-ini-8-khasiat-hebat-teh.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus